'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Profil
Posyandu lansia melati melayani ummat
11 Mei 2017 15:20 WIB | dibaca 403

Posyandu lansia melati melayani ummat

Oleh : dita fardiansah (majelis ekonomi PDA Sumenep)

            PDA Sumenep mempelopori pengadakan Posyandu lansia yang biasanya rutin di laksanakan setiap bulan sekali tepatnya sabtu minggu kedua. Posyandu lansia ini berdiri sejak 20 tahun yang lalu, dimana dulunya merupakan kegiatan salah satu ranting PCA Kota Sumenep yakni Ranting Pajagalan, sekarang menjadi program kegiatan PDA Kabupaten Sumenep. Posyandu ini bertempat disalah satu rumah warga anggota PDA Sumenep yang memang menjadi shelter dari pertama posyandu lansia ini didirikan. Posyandu lansia ini merupakan hasil kerjasama PDA dengan Puskesmas Kota Kabupaten Sumenep.

       Memang tujuan awal didirikannya posyandu lansia ini adalah untuk para lansia atau pra lansia yakni usia (45thn keatas), namun seiring berjalannya waktu ternyata dampak positif dari kegiatan ini adalah pemeriksaaan untuk warga sekitar yang belum termasuk lansia. Bahkan anak anak, ibu hamil pun ada yang menjadi pasien di posyandu lansia melati ini, karena posyandu ini menawarkan pemeriksaan gratis pada warga..

         Adapun sebelum pemeriksaan pasien biasanya di ajak senam lansia untuk menyemangati dan merupakan salah satu fasilitas yang ada di posyandu lansia melati. PDA Sumenep menamai posyandu ini dengan Posyandu Lansia Melati. Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan msyarakat khususnya bagi warga yang berusia lanjut. Manfaat yang di rasakan dengan adanya posyandu lansia ini bukan hanya dirasakan oleh lansia tetapi juga oleh keluarga dan lingkungan dimana lansia tersebut tinggal.

       Beberapa pemeriksaan yang dilakukan di posyandu lansia melati yakni pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan adanya kadar  gula ,asam urat, kolesterol. Selain pemeriksaan kesehatan di posyandu lansia melati ini melayani konsultasi, baik di segi gizi sampai konsultasi agama. Tujuannya untuk membantu lansia menyesuaikan diri dalam perubahan fase kehidupannya.  Sehingga nantinya bisa menjadi pribadi yang mandiri sesuai dengan keberadaannya. Juga pemberian susu gratis sampai makanan sehat untuk para pasien di posyandu lansia melati .

        Selain pemeriksaan gratis PDA Sumenep juga mengadakan renang untuk lansia yang di adakan setiap hari selasa pagi, bahkan pernah mengunjungi pemandian air panas di trawas.

       Meskipun banyak kendala yang ditemui dalam menggerakkan posyandu lansia ini tetapi semangat ibu ibu PDA Sumenep yang besar alhamdulillah dapat mengatasi kendala tersebut. Dengan membangun jejaring yakni kerjasama dari semua pihak yaitu pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Sehingga posyandu lansia melati tetap dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sampai saat ini.

 

Shared Post: